Banner

banner
News Update :
Home » , » Sekadar Niat Baik Saja Tidak Cukup

Sekadar Niat Baik Saja Tidak Cukup

Penulis : Unknown on Selasa, 18 Maret 2014 | 17.15

TAKHIRJ ATSAR
Dari Sa'id bin Musayyib, ia melihat seorang laki-laki menunaikan sholat setelah fajar lebih dari dua roka'at, ia memanjangka ruku dan sujudnya. Maka Sa'id bin Musayyab pun melarangnya. Orang itu bertanya, "Wahai Abu Muhammad, apakah Allah akan menyiksaku dengan sebab sholat?" Beliau menjawab, "Tidak, tetapi Allah akan menyiksamu karena menyelesihi Sunnah." 
(Shahih, Dikeluarkan oleh ad-Darimi dalam Musnad-nya: !/404/450, al-Baihaqi dalam Sunan Kubra: 2/466. dan Abdurrozaq dalam al-Mushonnaf no 4755 dari jalur Sufyan dari Abu Robah dari Sa'id. Sanad Atsar ini dishahihkan al-Albani dalam Irwa'ul Gholil: 2/236. Dan diriwayatkan juga oleh al-Khotib al-Baghdadi dalam al-Faqih wal Mutafaqqih: 1/381 dari jalur Makhlad bin Malik dari Athof bin Kholid dari Abdurrohman bin Harmalah dari Sa'id dengan sanad hasan.

FIQIH ATSAR
Syakh Muhammad Nashiruddin al-Albani r mengomentari atsar ini dala Ghm kitabnya, Irwa'ul Gholil (2/236), "Ini adalah jawaban Sa'id bin Musayyab yang sangat indah. Dan merupakan senjata pamungkas terhadap para ahlul bid'ah yang menganggap baik kebanyakan bid'ah dengan alasan dzikir dan sholat, kemudian membantah Ahlus Sunnah dan menuduh bahwa mereka (Ahlus Sunnah) mengingkari dzikir dan sholat! Padahal sebenarnya yang mereka ingkari adalah penyelewengan ahlul bid'ah dari tuntunan Rosulullah saw dalam dzikir, sholat, dan lain-lain.

Jadi agar amal kita diterima oleh Allah, bukan hanya dengan modal niat yang baik dan keikhlasan, melainkan juga harus sesuai dengan tuntunan Rosulullah saw. Maka sudah semestinya bagi kita untuk menggali ilmu agar amalan ibadah yang kita lakukan betul-betul sesuai dengan tuntunan beliau. Semoga Allah menerima amal ibadah kita semua .[]

Penulis: Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi


Sumber: Majalah AL-Furqon No. 110, Edisi 07 Th. ke 10 Shafar 1432/Januari 2011
Share this article :

Posting Komentar

 
Blog Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2014. Abu Fakhiroh . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger