Banner

banner
News Update :
Home » , » Definisi Salaf dan Salafi

Definisi Salaf dan Salafi

Penulis : Unknown on Rabu, 02 April 2014 | 17.12

Menurut bahasa (etimologi), Salaf (as salaf) artinya yang terdahulu (nenek moyang) yang lebih tua dan lebih utama. Salaf berarti pendahulu. Jika dikatakan (Salafu ar-Rojulun) salaf seseorang, maksudnya kedua orang tua yang telah mendahuluinya. (al-Mufassirun bainat Ta"wil wal Itsbaat fii Aayatish Shifaat (I/11) karya Syaikh Muhammad bin 'Abdurrahman al-Maghrawi, Muassasah ar-Risalah, th. 1420 H.

Menurut istilah (terminologi), Salaf berarti generasi pertama dan terbaik dari ummat (Islam) ini, yang terdiri dari Sahabat, tabi'in, tabi'ut tabi'in dan para imam pembawa petunjuk pada tiga kurun (generasi) pertama yang dimuliakan Allah swt, sebagaimana sabda Rasulullah saw, dari Sahabat Abdullah bin Mas'ud rhodiyallahu`anhu:

"Sebaik-baik manusia adalah pada masaku ini (yaitu masa para Sahabat), kemudian sesudahnya (masa tabi'in), kemudian yang sesudahnya (masa Tabi'ut Tabi'in)." (Muttafaq 'alaihi, HR. al-Bukhori [no. 2652] dan Muslim [no. 2533 (212)]).

Menurut al-Qalsyani: "Salafus Shalih adalah generasi pertama dari ummat ini, yang pemahaman ilmunya sangat dalam, yang mengikuti petunjuk Nabi saw dan menjaga Sunnahnya. Allah memilih mereka untuk menemani Nabi-Nya saw dan menegakkan agama-Nya ..." (al-Mufassirun bainat Ta'wil wal Itsbaat fii Aayatish Shifaat (I/1).

Syaikh Mahmud Ahmad Khafaji berkata di dalam kitabnya, al-'Aqiidatul Islamiyyah bainas Salafiyyah wal mu'tazilah: "Penetapan istilah Salaf tidak cukup dengan hanya dibatasi dengan waktu saja, bahkan harus sesuai dengan al-Qur'an dan as-Sunnah menurut pemahaman Salafush Shalih (tentang 'aqidah, manhaj, akhlak dan suluk). Barangsiapa yang pendapatnya sesuai dengan al-Qur'an dan as-Sunnah mengenai 'aqidah, hukum dan suluknya menurut pemahaman Salaf, maka ia disebut Salafi meskipun tempatnya jauh dan berbeda masanya. Sebaliknya barangsiapa pendapatnya menyalahi al-Qur'an dan as-Sunnah, maka ia bukan seorang Salafi meskipun ia hidup pada zaman Sahabat, Tabi'in dan Tabi'ut Tabi'in." (al-Mufassirun bainat Ta"wil wal Itsbaat fii Aayatish Shifaat (I/13-14) dan al-Wajiiz fii 'Aqiidah Salafush Shaalih (hal. 34)).

Penisbatan kata Salaf atau as-Salafiyyuun bukanlah termasuk perkara bid'ah, akan tetapi penisbatan ini adalah penisbatan yang syar'i karena menisbatkan diri kepada generasi pertama dari ummat ini, yaitu para Sahabat, Tabi'in dan Tabi'ut Tabi'in.

Ahlus Sunnah wal Jama'ah dikatakan juga as-Salafiyyun karena mereka mengikuti manhaj Salafus Shalih dari Sahabat, Tabi'in dan Tabi'ut Tabi'in. Kemudian setiap orang yang mengikuti jejak mereka -di sepanjang masa, mereka ini disebut Salafi, karena dinisbatkan kepada Salaf. Salaf bukan kelompol atau golongan seperti yang dipahami oleh sebagian orang, tetapi merupakan manhaj (sistem hidup ber'aqidah, beribadah, berhukum, berakhlak dan yang lainnya) yang wajib diikuti oleh setiap Muslim. Jadi, pengertian Salaf dinisbatkan kepada orang yang menjaga keselamatan 'aqidah dan manhaj menurut apa yang dilaksanakan Rasulullah saw dan para Sahabat Rhodiyallahu'anhum sebelum terjadinya perselisihan dan perpecahan. (Mauqif Ahlis Sunnah wal Jamaa'ah min Ahlil Ahwa wal Bida' [I/63-64], karya Syaikh Dr. Ibrahim bin 'Amir ar-Ruhaili. Bashaairu Dzawi Syaraf bi Syarah Marwiyyati Manhajis Salaf, karya Syaikh Salim bin 'Ied al-Hilali dan Mujmal Ushuul Ahlis Sunnah wal Jamaa'ah fil 'Aqiidah)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah (w. th. 728 H) berkata: "Bukanlah merupakan aib bagi orang yang menampakan manhaj Salaf dan menisbatkan dirinya kepada Salaf, bahkan wajib menerima yang demikian itu berdasarkan kesepakatan para ulama, karena manhaj Salaf tidak lain kecuali kebenaran." (Majmu' Fataawaa Syaikhil Islam Ibni Taimiyyah (IV/149).

Sumber: Syarah 'Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah, Karya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, hal 33-37.

Share this article :

Posting Komentar

 
Blog Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2014. Abu Fakhiroh . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger