Banner

banner
News Update :
Home » , , » Faedah dari buku: Manhaj Aqidah Imam Syafi'i

Faedah dari buku: Manhaj Aqidah Imam Syafi'i

Penulis : Unknown on Sabtu, 01 Maret 2014 | 12.53

Hadist Nabi : "Ikatan iman yang paling kuat adalah berwala (loyalitas) karena Allah, bermusuhan karena Allah, cinta karena Allah dan benci karena Allah. (Manhaj Aqidah Imam Syafi'i hal 71)

Imam al-Baghowi dalam Syarh Sunnah meriwayatkan dari Sufyan at-Tsauri, ia berkata: "Barang siapa yang mendengar suatu bid'ah, janganlah ia menyampaikannya kepada teman-temannya agar tidak tersamar dihati mereka."

"Dan apakah kamu melihat orang-orang yang meperolok-olok ayat-ayat Kami, maka tinggalkanlah mereka sehingga mereka membicarakan perkara yang lain. Dan jika Syaitan menjadikan kamu lupa (akan larangan itu), maka janganlah kamu duduk bersama-sama orang zhalim itu selama-lamanya." (Qs. al-An'am: 68)

Umat ini tidak alan bersatu setelah bercerai (berai), kecuali dengan sesuatu yang dengannya mereka dahulu bersatu. (hal 75)

"Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan perempuan yang mukminah apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu perkara, ada lagi bagi mereka pilihan yang lain tentang urusan mereka" (Qs. al-Ahzab: 36)

"Maka demi Rabbmu, mereka pada hakikatnya tidak akan beriman hingga mereka menjadikan kamu (Muhammad) sebagai hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan (dalam hati mereka) terhadap putusan yang kamu berikan dan mereka menerima (tunduk) dengan sepenuhnya" (Qs. an-Nisa: 65)

"Maka jika kamu berselisih tentang sesuatu, kembalikanlah ia kepada Allah dan Rasulnya (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir. Yang demikian itu lebih baik (bagi kamu) dan lebih baik akibatnya." (Qs. an-Nisa: 59)

Inilah yang dilakukan oleh para salaf rahimahullah. Mereka beriman kepada Allah dan Rasul-Nya serta apa yang datang kepada keduanya. Mereka berbicara dan membahas apa yang mereka mampu dan apa yang dipersilahkan (diperbolehkan) Allah untuk membahasnya. (Allahu 'alam)

Mengambil faedah dari: "Manhaj Aqidah Imam Syafi'i"
Share this article :

Posting Komentar

 
Blog Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2014. Abu Fakhiroh . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger